383 ROMBONGAN MAN 1 BOJONEGORO BERKUNJUNG KE UINSA

- 15 Jan 2019


UINSA Newsroom, Selasa (15/01/2019); Pertengahan Bulan Januari, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima kunjungan MAN 1 Bojonegoro, Selasa, 15 Januari 2019. Bertempat di Gedung Amphiteather Lt. 2-3 UINSA, rombongan berjumlah 343 Siswa dan 40 Guru ini disambut Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA, Dr. Abdul Muhid, M.Si.

Mendampingi sekaligus juga menyampaikan pemaparan, Drs. Abdullah Rofiq Mas'ud, MM., Kepala Bagian Akademik dan Hj. Yuliati Bararah, S.Ag., Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni. Kegiatan dipandu langsung Kasubbag Humas dan Informasi, Dra. Alful Laila, MM.

M. Syaifuddin Yulianto, S.Ag., M.Pdi., Kepala Sekolah MAN 1 Bojonegoro dalam sambutan menyampaikan, bahwa kunjungan tersebut tidak ubahnya reuni dirinya bersama beberapa Civitas Akademika UINSA. Mengingat banyak dari Civitas Akademika UINSA merupakan teman sekelas dan atau memiliki almamater sekolah yang sama.

“Makanya saya ingin mengenalkan kepada anak-anak semua bahwa beliau-beliau ini juga dari MAN 1 Bojonegoro yang akhirnya sukses di bidangnya masing-masing. Baik menjadi dosen atau pegawai di UINSA. Karenanya kalian jangan berkecil hati, kalian bisa seperti beliau,” ujar M. Syaifuddin sembari mengenalkan Dr. Abdul Muhid kepada anak didiknya.

Dr. Abdul Muhid sendiri, mengawali paparan dengan menyampaikan kisah motivasi diri sebagai anak kampung. Namun motivasi untuk bisa mendapat pendidikan, tidak pernah putus asa. “Pak Syaifuddin merupakan salah satu orang yang sangat berjasa memotivasi saya. Beliau mentor saya,” ujar Dr. Abdul Muhid balas memuji M. Syaifuddin.

Selajutnya dalam paparan selayang pandang UINSA, Dr. Abdul Muhid memaparkan berbagai fasilitas akademik yang dimiliki UINSA. Diantaranya adanya 9 Fakultas dengan 45 Prodi. Prodi tersebut terbagi atas 20 Prodi Umum dan 25 Prodi Keagamaan.

Sementara itu, Drs. Rofiq  dalam paparannya lebih detail menjelaskan terkait gambaran proses pendidikan di UINSA. Diantaranya jalur masuk UINSA baik Nasional maupun Mandiri. Seperti halnya, untuk Prodi Umum melalui SNMPTN dan SBMPTN. Untuk Prodi Keagamaan melalui SPANPTKIN dan UMPTKIN. “Terakhir ada Jalur Mandiri yang menawarkan seluruh prodi, baik umum maupun keagamaan, tapi kuotanya sedikit,” terang Drs. Rofiq. Dalam kesempatan ini, disampaikan pula tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diberlakukan bagi mahasiswa.

Hj. Yuliati pada kesempatan yang sama, juga menyampaikan berbagai prestasi yang diraih mahasiswa baik di tingkat nasional maupun internasional. Tak lupa, penjelasan terkait beasiswa yang diberikan UINSA pada mahasiswa berprestasi maupun kurang mampu. “Kita punya banyak tawaran beasiswa. Ada Bidikmisi, Tahfidz, Bibit Unggul, dan lain-lain,” ujar Hj. Yuliati.

Usai paparan, dilanjutkan dengan tanya jawab bersama siswa dan dewan guru. Khususnya terkait teknis penerimaan mahasiwa yang saat ini memasuki masa pengisian PDSS (Pusat Pangkalan Data Siswa dan Sekolah). Acara kemudian ditutup dengan pemberian cindera mata serta foto bersama. Diakhir acara, rombongan juga dikejutkan dengan kehadiran Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., salah satu Dosen Fakultas Ushuluddin dan Filasafat UINSA yang juga alumni MAN 1 Bojonegoro. (Nur-Tri/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data