TIM SI UINSA RAIH JUARA II LOMBA 3RD SOUTHEAST ASIA CREATIVE CAMP TINGKAT ASEAN

- 29 Jan 2019


UINSA Newsroom, Selasa (29/01/2019); Jumat, 25 Januari 2019 menjadi hari yang istimewa bagi Tim Sistem Informasi (SI) dibawah bimbingan Muhammad Andik Izzuddin, MT. Pasalnya, tim beranggotakan tiga mahasiswa tersebut berhasil memenangi Juara dalam Lomba 3rdSoutheast Asia Creative Camp yang digelar SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization). Mereka adalah Moch. Bagoes Ali Masyhuri, Taka Fidiama, dan Ahmad Mustain Marzuki.

Produk Inovatif Internet of Things (IoT) di bidang Urban Farming bernama Smart Urban Farming Indonesia (SUFI) berhasil membawa Tim SI Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya meraih Juara II dalam lomba tingkat ASEAN tersebut. Andik Izzuddin, MT., menjelaskan, SUFI merupakan perangkat terintegrasi dari sekumpulan sensor dan kamera cctv yang dikendalikan mikrokontroller dan mikroprosesor serta terhubung dengan jaringan internet. Perangkat SUFI ini ditempatkan pada lahan pertanian perkotaan dan terhubung melalui perangkat MiFi 4G sebagai akses internetnya. Data dari sensor-sensor tersebut untuk kemudian disimpan kedalam server.

“Melalui program yang ada dikembangkan tim, data tersebut di analisa untuk menentukan aksi yang perlu dilakukan, seperti penginformasian voltase, tingkat kelembapan tanah, kelembapan udara, penyiraman tanaman, dan pengambilan foto tanaman untuk mengetahui perkembangan tanaman secara periodik,” terang Andik Izzuddin, MT.

Pembimbing yang juga Kaprodi SI ini menjelaskan, bahwa inspirasi menciptakan produk inovasi ini berawal dari mata kuliah Prodi SI yang dirancang mengintegrasikan keilmuan teknologi informasi dan manajemen informasi yang mampu memberikan sumbangsih pada kebaikan umat. “Kebetulan kan saya selain mengajar di prodi SI juga mendapat kepercayaan untuk mengajar di Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) tentang Teknologi Tepat Guna. Jadi saya pikir bagaimana membuat sebuah alat yang applicable tapi sederhana di bidang Urban Farming. Lahirlah SUFI ini,” imbuh Andik Izzuddin, MT.

Andik Izzuddin, MT., juga menyampaikan, bahwa proses lomba yang dilakukan selama kurang lebih tiga bulan ini dimulai dengan online workhshop. Pada kesempatan inilah para peserta dikenalkan mengenai kriteria lomba untuk kemudian diberikan tantangan menciptakan produk IoT. Selanjutnya, mengirimkan materi dari produk yang telah dibuat melalui Platform Google Form. Terakhir, proses penjurian yang berlangsung selama satu minggu.

“Dari sekitar 175 tim se-Asia Tenggara, UINSA menjadi satu-satunya kampus di Lingkungan PTKIN yang ikut dalam lomba dan berhasil meraih Juara II,” ujar Andik Izzuddin, MT., yang menamakan Tim-nya dengan sebutan ‘Cikal.’ “Karena ini pertama kalinya. Seperti halnya benih kelapa, jadi namanya cikal,” imbuhnya.

Kedepan, Andik Izzuddin, MT., berharap, produk ini dapat menjadi Start Up untuk dikembangkan lebih lanjut. Mengingat prospek besar untuk dipasarkan, Andik Izzuddin, MT., juga telah menjalin komunikasi dengan beberapa pihak terkait seperti Disperindag dan Balitbang Provinsi Jatim. “Termasuk juga Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Madiun. Supaya kedepan bisa Joint Research. Karena kan produk ini mempunyai peluang yang sangat berguna untuk masa depan Pertanian Indonesia. Dengan mengintegrasikan kecanggihan teknologi informasi dan komputasi melalui produk yang tepat guna dengan identitas lokal bahwa Indonesia dikenal dunia luar sebagai negara agraris,” jelas Andik Izzuddin, MT.

Ditambahkan Andik Izzuddin, MT., selain dapat mendeteksi dan mengontrol kondisi tanaman, keunggulan alat ini adalah adanya fungsi monitoring pertumbuhan tanaman. “Alat ini juga tanpa PLN karena menggunakan solar panel sebagai sumber energi,” terang  Andik Izzuddin, MT. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data