UINSA SAMBUT LAWATAN KERJA GAIWA MALAYSIA

- 01 Feb 2019

UINSA Newsroom, Jumat (01/02/2019); Mengawali bulan kedua tahun 2019, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima kunjungan dari Pihak Jawatankuasa Temuduga dan Penilai Pengambilan Guru Agama Islam Warganegara Asing (GAIWA), Majlis Islam Sarawak Malaysia, Jumat, 01 Februari 2019. Rombongan tamu dijamu di Ruang Meeting Rektor Lt. 2 Twin Towers A UINSA dan diterima langsung Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dra. Wahidah Zein Br. Siregar, MA., Ph.D., serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan dan Kerjasama, Prof. Dr. H. Mashum, M.Ag.

Mendampingi pimpinan menjamu tamu, Nur Fitriatin, M.Ed., Kepala Pusat International Office (IO), serta Kabag, Kasubbag, Ketua Lembaga, dan Kepala Pusat di Lingkungan UINSA. Kegiatan yang disebut sebagai Lawatan Kerja tersebut dimaksudkan untuk mengetahui lebih jauh mengenai gambaran sistem pengajaran dan pembelajaran yang dilakukan UINSA. Termasuk diantara kaitannya dengan silabus, bahan pengajaran, serta rangkaian kerjasama yang dimiliki UINSA. “Kami merekamkan jutaan terima kasih perihal penerimaan atas lawatan kami pada pagi ini,” ujar Tn. Hj. Khalidi bin Hj. Ibrahim, Pengah Jabatan Agama Islam Sarawak (JAIS), selaku perwakilan rombongan.

Kegiatan lawatan kerja pun lebih banyak diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Dra. Wahidah, Ph.D., yang memimpin sesi diskusi tersebut juga berkesempatan memaparkan mengenai Kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang diberlakukan dalam sistem pembelajaran di UINSA. Dra. Wahidah, Ph.D., menjelaskan, bahwa kurikulum KKNI memiliki tiga konsentrasi utama, yakni kurikulum itu sendiri sebagai basic kompetensi disiplin keilmuan, kegiatan pendamping untuk peningkatan kapasitas mahasiswa, serta kegiatan ekstrakurikuler untuk pengembangan soft skill.

“Dari semua itu, diharapkan mahasiswa UINSA tidak hanya cerdas dalam keilmuan tapi juga sosial. Dan karena kita adalah Universitas Islam kita menjadikan nilai-nilai Islam, Al-Quran, dan Hadits sebagai pondasi bagi disiplin keilmuan yang mereka miliki. Dimana semuanya bermuara pada nilai Rahmatan Lil Aalamiin,” jelas Dra. Wahidah, Ph.D.

Selain itu, beberapa hal terkait kegiatan pembelajaran di UINSA juga dijelaskan Dra. Wahidah, Ph.D. Seperti halnya Program Ma’had, Intensif Bahasa, serta penyediaan asrama/pesantren mahasiswa. “Kami di UINSA tidak hanya menerima mahasiswa yang berpengetahuan agama baik. Yang belum juga kami terima. Karena kami yakin, dengan mereka masuk ke UINSA itu semua sudah menunjukkan bahwa mereka ingin mendalami ilmu agama dan menjadi anak-anak yang sholeh dan sholihah,” tegas Dra. Wahidah, Ph.D.

Diakhir diskusi, masing-masing bertukar cindera mata serta berfoto bersama. Menutup Lawatan Kerja, Tn. Hj. Khalidi juga menyampaikan harapan agar kegiatan tersebut dapat ditindaklanjuti menjadi kerjasama antar instansi. (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data