PANDU KUNJUNGAN, WADEK III FSH UNGKAPKAN TIGA ALASAN KULIAH DI UINSA

- 04 Feb 2019


UINSA Newsroom, Senin (04/02/2019); Awal Bulan Februari, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menerima kunjungan dari SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Bertempat di Gedung Amphiteather Lt.2-3 UINSA, rombongan berjumlah 200 orang hadir disambut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Fakultas Syariah dan Hukum, H. AH. Fajruddin Fatwa, SH., MHI., Dip.Lead. Mendampingi pula dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Akademik, Drs. Abdullah Rofiq Mas’ud, MM., serta Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni , Hj. Yuliati Bararah, S.Ag.

Membuka sambutan mewakili Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sidayu Gresik, Drs. M. Bashori, M.Pd., M.Psi., Koordinator Guru Bimbingan Konseling menyampaikan ucapan terima kasih diberi kesempatan bersilaturahim ke UINSA. Drs. M. Bashori menjelaskan, bahwa dalam kunjungan tersebut rombongan terdiri dari siswa-siswi kelas XII berjumlah 192 anak dengan 8 guru pendamping. “Yang kami bawa dalam kesempatan ini semua siswa-siswi kelas XII dari tiga jurusan; IPA, IPS, dan Bahasa. Tujuannya adalah untuk meminta informasi terkait UINSA yang saat ini sungguh telah banyak berubah,” ujar Drs. M. Bashori.

Perubahan tersebut, menurut Drs. M. Bashori, seperti halnya perubahan status dari IAIN menjadi UIN. Dimana perubahan tersebut berimplikasi positif pada semakin bervariasinya pilihan jurusan di UINSA. “Dulu ketika masih IAIN Sunan Ampel cenderung hanya menjadi jujugan siswa-siswi dari Madrasah Aliyah atau pesantren. Tapi sekarang, SMA, SMK bisa juga kuliah di UINSA. Karena sekarang ada jurusan-jurusan baru seperti Teknik, Arsiteksur, Ilmu Kelautan, dan lain-lain,” terang Drs. M. Bashori turut mempromosikan.

Sementara itu, Fajruddin, SH., MHI., dalam penyampaian selayang pandang Kampus UINSA membuka paparan dengan tiga clue utama. Tiga clue tersebut merupakan alasan utama kenapa harus memilih UINSA sebagai destinasi kuliah. Fajruddin, SH., MHI., menyampaikan, alasan pertama adalah karena UINSA adalah satu-satunya kampus yang memberikan beasiswa sejak Semester II. Kedua, UINSA adalah satu-satunya kampus yang memastikan membuka KKN Internasional. “Ketiga, kita ini berada di jaman revolusi industri 4.0 sehingga setiap pelayanan yang kami lakukan berbasis internet,” tegas Fajruddin, SH., MHI.

Fajruddin, SH., MHI., juga menepis anggapan bahwa kuliah hanya bagi mereka yang mampu secara materi. Atau bahwa kuliah di UINSA haruslah mereka yang paham secara mendalam mengenai ilmu agama. “Ingin kuliah gratis, setiap bulan masih dapat living cost, UINSA punya 210 kuota Bidikmisi, ada juga beasiswa PBSB bagi mereka yang dari pesantren,” ujar Fajruddin, SH., MHI.

Sedangkan bagi yang memiliki keterbatasan dalam pemahaman agama, seperti belum fasih dalam baca tulis Al-Quran, UINSA memiliki Program Ma’had yang akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan agama. “Kami tidak mencela masa lalumu, tapi disinilah kita akan belajar bersama. Mendidik anda adalah kehormatan, melihat anda maju dan sukses adalah kebanggaan,” ujar Fajruddin, SH., MHI., penuh semangat.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Drs. Rofiq juga menyampaikan penjelasan terkait fakultas, jurusan/prodi, serta sistem penerimaan mahasiswa baru (SPMB) di UINSA. Dijelaskan Drs. Rofiq, UINSA memiliki 9 fakultas dan 45 program studi yang terdiri dari 20 Program studi Umum dan 25 Program Studi Ke-Islaman.

“Tahun 2018 kita memiliki dua prodi baru, yakni Satsra Indonesia di Fakultas Adab dan Humaniora dan Pendidikan IPA di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di Jalur Mandiri. Tahun 2019, ada satu prodi baru lagi, yakni Prodi Ilmu Hukum di Fakultas Syariah dan Hukum. Selanjutnya ada satu prodi yang dulu pernah ada dan dibuka lagi, yakni Prodi Pemikiran Politik Islam di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat,” jelas Drs. Rofiq. (Tri-Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data