PEGAWAI NON PNS UINSA RESMI TERDAFTAR BPJS KETENAGAKERJAAN

- 07 Feb 2019

UINSA Newsroom, Kamis (07/02/2019); Rabu, 06 Februari 2019 bertempat di Ruang Meeting Lt. 9 Twin Towers A UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya digelar pertemuan Dosen dan Tenaga Kependidikan Non PNS UINSA. Pertemuan ini sengaja digelar dalam rangka Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan dan pembagian Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan ini dihadiri langsung Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Suharto didampingi dua staf, Tyas dan Hardi. Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan UINSA, Drs. H. Rijalul Faqih, M.Si., kala membuka kegiatan menyampaikan, bahwa pada kesempatan tersebut Suharto beserta tim sengaja dihadirkan untuk memberikan penjelasan mengenai BPJS Ketenagakerjaan. “Meskipun memiliki BPJS Ketenagakerjaan bukan berarti kita berniat sakit, tapi bagaimanapun juga ujian bisa datang tanpa terduga sehingga sangat penting serta kewajiban kita  untuk menjadi anggota BPJS,” ujar Drs. Rijal.

Sementara itu, Suharto dalam penyampaiannya membuka paparan mengenai perbedaan Jaminan Sosial (Jamsos) dan Asuransi. Jamsos, menurut Suharto, pengelolaannya secara wali amanah. Dimana Keuntungan sepenuhnya akan dialokasikan untuk kesejahteraan peserta. Sedangkan asuransi, kepesertaannya bersifat sukarela. “Jamsos sifatnya wajib dan lembaga kami berada langsung dibawah komando Presiden. Sedangkan asuransi berada dibawah naungan BUMN,” jelas Suharto.

Pada kesempatan tersebut, Suharto juga menjelaskan mengenai Undang-Undang (UU) yang menjadi dasar pengelolaan BPJS. Seperti halnya UU No. 24 Tahun 2011, UU No. 40 tahun 2004, termasuk beberapa Peraturan Pemerintah (PP) yang mendasari teknis pengelolaan serta hak manfaat dalam kepesertaan BPJS. “Keuntungan menjadi anggota BPJS adalah adanya kepastian bagi ahli waris dalam kondisi kritis, serta menjadi alat pencegah kemiskinan. Jangan sampai, jatuh sakit sedikit miskin,” ujar Suharto menganalogikan.

Disamping paparan, pertemuan tersebut juga menggelar tanya jawab bersama peserta. Bahkan, Suharto dan tim sengaja menyiapkan souvenir bagi para penanya terpilih. “Sebaliknya, yang bisa menjawab pertanyaan dari saya, akan dapat uang cash 100ribu rupiah,” ujar Suharto memantik antusisme peserta.

Diakhir, kegiatan ditutup dengan pemberian cindera mata kepada penanya serta tali asih dari UINSA pada Pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa. Dipungkasi pembagian Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada segenap Dosen dan Tenaga Kependidikan Non PNS UINSA yang hadir. (Nur-Chy/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data