KKN 18 UINSA INISIASI DESA SENTRA BUAH NAGA

- 08 Feb 2019

UINSA Newsroom, Jumat (08/02/2019); Madiun-Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 18 UIN Sunan Ampel Surabaya Gelombang I tahun 2019 dengan pendekatan CBPR (Community Based Participatory Research). Kelompok KKN yang bertempat di Desa Kuwu Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun ini, telah melaksanakan program kerja bersama warga dalam usaha pengembangan pendapatan, yaitu penanaman buah naga.

Terkait agenda kegiatan, Moh. Ilham Anshory, Perwakilan Mahasiswa KKN 18 UINSA menjelaskan, pada tanggal 29 Januari, agenda yang dilakukan adalah melakukan FGD (Focus GroupDiscussion). Tema yang dibicarakan dalam kesempatan ini terkait kebijakan apa saja yang diinginkan warga dalam upaya pengembangan penanaman buah naga, mulai dari waktu penanaman sampai tempat penanamannya.

Pada tanggal 1 Februari, agenda berlanjut pada sosialisasi mengenai pentingnya memanfaatkan pekarangan rumah untuk menambah penghasilan. Tak lupa juga, tentang tata cara penanaman maupun gambaran umum mengenai buah naga. Sosialisasi ini dipimpin langsung Perwakilan Dinas Pertanian dan Perikanan Kecamatan Balerejo. “Setelah acara sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penanaman bibit buah naga secara simbolik di pekarangan balai desa,” ujar Moh. Ilham Anshory

Selanjutnya, kegiatan pada tanggal 3-5 Februari, Mahasiswa KKN bersama Warga Desa Kuwu menggelar aksi bersama dengan melakukan penanaman bibit buah naga serentak pada kiri Kanan jalan. Desa Kuwu memiliki 5 dusun yaitu Kuwu, Sekarpetak, Pilang Patok, Kasutan, Singgeh.

“Jumlah bibit buah naga yang ditanam mencapai 1000 bibit. Kami  berharap, program kerja penanaman bibit buah naga ini merupakan sebuah langkah awal untuk menjadikan Desa Kuwu sebagai desa dengan icon buah naga serta menjadi desa sentra budidaya buah naga,” terang Moh. Ilham Anshory penuh harap. (KKN18/UINSA)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data