AMALAN SUKSES MBAH LURAH SUGIHWARAS

- 11 Feb 2019


UINSA Newsroom, Senin (11/02/2019); H. Sukimin, atau yang biasa dipanggil Mbah Lurah, Sabtu, 9 Januari 2019 dengan mengenakan Peci UINSA bercerita kepada Dosen Pendamping Lapangan KKN 34, Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I., M.Pd.,Kons. Kepala Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun ini berkisah tentang perjalanan hidupnya hingga sukses.

Mbah Lurah yang pernah menjadi ASN di Dinas Pengairan ini dulunya hidup dengan ekonomi yang susah. Terlebih ia dikaruniai Sembilan orang anak membuat dirinya merasa seakan-akan tak mampu memberikan pendidikan tinggi dan ragu dengan kemampuannya mengantar kan kesuksesan putra-putrinya. Tapi dengan kesabaran, Mbah Lurah berusaha mencari tambahan pendapatan. Menjadi tukang ojek pun pernah dilakukannya. Disamping usaha itu, Mbah Lurah juga Istiqomah bermunajat kepada Allah SWT. Yakni dengan melaksanakan sholat malam, dhuha, dan dzikir sepanjang waktu. Terutama banyak baca Istiqfar dan sholawat. 

Buah dari usaha Mbah Lurah, sembilan anaknya sukses menjadi dokter, bidan, mantri kesehatan (ASN Dinas Kesehatan ) Madiun. Salah satunya, memiliki tempat praktek di Desa  Sugihwaras  yang dikenal dengan Rumah Khitan Masyarakat. Orang setempat mengenal putranya dengan sebutan Pak Maulana. Ada juga yang menjadi ASN di Dinas Pengairan dan Guru. "Jangan menyepelehkan hak-hak orang lain, terlebih orang miskin,” pesan Mbah Lurah Sukimin.

Menganai mahasiswa KKN dari UINSA yang bertempat di desanya, Mbah Lurah merasa senang sekali, karena baru kali ini ditempati. Hasil evaluasi kegiatan KKN 34 Desa Sugihwaras pun dinilai Mbah Lurah, telah memberikan kontribusi terhadap penanganan sampah dengan diolah menjadi pupuk melalui teknik biopori.  “Alhamdulillah tepat tanggal 09 Januari 2019 kemarin beliau merayakan Hari Ulang Tahun nya ke 63 dengan pesta syukuran yang dibarengi penutupan KKN 34 Mahasiswa UINSA Desa Sugihwaras dengan cukup meriah,” ujar Dr.Arif menceritakan.

Pesta syukuran tersebut diisi dengan penampilan Hadroh ibu-ibu Jamiyah Yasin Tahlil Dusun Sugihwaras, Karawitan Cindil Laras Desa Sugihwaras, tari-tarian anak-anak binaan mahasiswa KKN 34, pemberian hadiah kepada juara lomba hafalan surat-surat pendek Al Qur'an, Adzan, Baca Tulis Al Qur'an, dan Potong tumpeng. (KKN 34/UINSA)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data