UINSA PERKENALKAN SUFI PADA AJANG IIETE 2019

- 16 Feb 2019

UINSA Newsroom, Sabtu (16/02/2019); Memasuki hari ketiga Kegiatan 28thIndonesia International Education & Training Expo (IIETE) 2019, Tim UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya masih nampak kompak serta penuh semangat. Dengan mnegenakan jas almamater kebanggaan 11 mahasiswa yang menjadi Duta UINSA mengenalkan kampus tercintanya kepada para pengunjung.

11 mahasiswa pilihan tersebut merupakan perwakilan fakultas serta unit khusus di UINSA. Mereka adalah Abdul Ghofur, Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang mewakili Tim Dakwah TV UINSA, Fajri Aulia dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), M. Yusuf dari FDK, Aditya Herwanda Riswan dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Moch. Bagoes Ali Masyhuri dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Wan Syauki Bin Wan Mhd. Shuhaimi Mahasiswa Asing asal Serawak Malaysia dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), Nindy Pratiwi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Kurnia Firdaus dari Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Kiflen Mirrahmatih dari FUF, serta Febry Amalia Firdausi dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Masing-masing Duta tersebut tidak hanya bertugas mengenalkan UINSA secara global namun sekaligus potensi yang dimiliki. Salah satunya sebagaimana ditampilkan dalam kesempatan ini adalah alat SUFI, Smart Urban Farming Indonesia. SUFI merupakan Produk Inovatif Internet of Things (IoT) yang berguna untuk mendeteksi tingkat kelembapan tanah, kelembapan udara, penyiraman tanaman, hingga pengambilan foto tanaman untuk mengetahui perkembangan tanaman secara periodik. Alat yang baru satu-satunya ini pun telah berhasil memenangi Lomba 3rd Southeast Asia Creative Camp yang digelar SEAMEO (The Southeast Asian Ministers of Education Organization).

“Meskipun baru ada satu, alat ini bukan sekedar prototype, karena telah diujicobakan pada lahan pertanian organik, dan terbukti sangat bermanfaat,” ujar Moch. Bagoes Ali Masyhuri, satu dari empat orang tim yang menginisiasi kehadiran alat tersebut.

Pada kesempatan IIETE Tahun 2019 kali ini, alat SUFI sengaja dihadirkan sebagai salah satu potensi yang dimiliki FST UINSA. Respon pengunjung pun cukup antusias, baik dari kalangan siswa sekolah menengah, mahasiswa, bahkan pengunjung umum. “Umumnya mereka menanyakan bagaimana fungsi, cara kerja, komponen, serta biaya pembuatan alat ini. Beberapa pengunjung dari kampus lain bahkan meminta nomor kontak saya. Sepertinya mereka tertarik menawarkan joint research,” terang Bagoes.

Lebih lanjut dijelaskan Bagoes, bahwa meskipun didominasi Mahasiswa Sistem Informasi dalam proses pengerjaan alat, SUFI mewakili keseluruhan prodi di FST. Bahkan UINSA secara umum. Sebagai informasi, disamping Prodi Sistem Informasi, FST UINSA memiliki lima prodi lain. Yakni, Prodi Arsitektur, Ilmu Kelautan, Matematika, Teknik Lingkungan, dan Biologi.

“Karena berhubungan dengan tumbuhan, makhluk hidup, SUFI juga mewakili Biologi. Kemudian Teknik lingkungan, karena kita bicara tentang Urban Farming, limbah pertanian, dan lain-lain. Matematika untuk penghitungan periodiknya. Barulah pemrogaman web, serta peralatan itu Sistem Informasi,” terang Mahasiswa Semester IV Prodi Sistem Informasi FST UINSA ini.

Mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMK Elektro ini mengaku, berkuliah di UINSA khususnya Prodi Sistem Informasi membuatnya belajar banyak hal. Disamping secara umum mempelajari tentang managemen informasi, dalam prosesnya ia juga dikenalkan pada banyak orang-orang penting serta berpengalaman. “Kalau SMK Elektro dulu kan saya lebih fokus ke hardware. sekarang ini saya juga belajar banyak mengenai software, Coding, tentang Manajemen IT secara keseluruhan,” ujar Bagoes. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data