ALUMNI UINSA SERBA BISA

- 23 Feb 2019


UINSA Newsroom, Sabtu (23/02/2019); Mengawali agenda pengukuhan sarjana pada tahun 2019, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar resepsi wisuda dalam dua hari, Sabtu-Ahad, 23-34 Februari 2019. Sebanyak 862 sarjana dikukuhkan pada Prosesi Wisuda Ke-86 Program Doktor, Magister dan Sarjana Semester Gasal Periode Februari Tahun Akademik 2018/2019 ini. Hadir mewakili alumni dalam kesempatan ini, Kolonel (CAJ) Drs. H. Nur Hamdani, Kepala Bagian Bimbingan Mental dan Rohani Mabes TNI dan Dra. Kartika Hidayati, Wakil Bupati Lamongan.

Drs. Nur Hamdani dalam sambutan mewakili alumni berpesan kepada segenap wisudawan agar senantiasa menghargai ijasah dan almamater. Sebab, dalam setiap lembar ijasah itu terdapat peluh, sujud, darah, dan air mata orang tua, serta perjuangan besar para guru (dosen). “Alumni UINSA itu bermental tangguh. Kalau di TNI, mental tangguh itu ada tiga. Beriman dan bertaqwa, memiliki jiwa nasionalisme, dan militansi,” ujar Kolonel Hamdani.

Berkisah pengalaman, Kolonel Hamdani mengaku terbawa suasana haru melihat begitu banyak mahasiswa dengan prestasi di berbagai bidang. Sebelum aktif sebagai perwira, Alumnus Fakultas Dakwah Tahun 1988 ini juga merupakan salah satu inisiator lahirnya Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas ‘Ara Aita’ juga Band Fakultas. Kolonel Hamdani juga sempat mencoba peruntungan di dunia kepenyiaran sebagai penyiar radio.

“Seluruh pengalaman ini yang mengawal saya di TNI. Banyak kolonel non job, tapi posisi saya sulit untuk digeser, karena tidak banyak kolonel yang bisa menulis. Saat ini saya juga tim amanat untuk Panglima TNI. Setiap hari membuatkan amanat Kepala TNI. Tanpa kuliah di UINSA (IAIN SA) InsyaAllah kami tak bisa apa-apa,” kisah Kolonel Hamdani.

Berbekal keahlian menulis pula, membawa Kolonel Hamdani melakukan banyak loncatan besar dalam pekerjaan. Sebagaimana dikisahkan, tentang pelarangan perwira perempuan berjilbab yang sempat terjadi. Di sela kesibukan dinas, Kolonel Hamdani menulis tentang jilbab yang akhirnya menjadi acuan diperbolehkannya perwira perempuan berjilbab. “Menulis membuat kita awet. Menulis itu merubah sejarah. Syukuri, hormati betul almamater kalian. Almamater kita ini banyak membawa berkah,” tegas Kolonel Hamdani penuh kebanggaan.

Sementara itu, Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., dalam sambutannya mengamini aspek ‘berkah’ yang disampaikan Kolonel Hamdani. Menurut Prof. Masdar, berkah menjadi satu pola pembinaaan UINSA, yang khas lembaga Pendidikan Islam seperti Pesantren. “Kami tidak khawatir dengan masa depan kalian, La Tahzan Innallaha Ma’ana. Kalau ada analisis yang mengaitkan rendahnya partisipasi alumni IAIN/UIN di dunia kerja, itu karena alat ukurnya formal. Sementara secara non formal alumni kita menyebar kemana-kemana. Alumni kita serba bisa,” ujar Prof. Masdar.

Prof. Masdar juga berpesan kepada wisudawan, agar senantiasa menjadi Khoiron Naas Anfauhum Lin Naas. “Jangan berpuas diri. Diatas langit ada langit. Ingat bahwa setelah pendidikan formal, ada sekolah masyarakat. Syukur, jika kalian tidak puas, lanjutkan S2-S3. Mudah-mudahan sukses dan hidup berkah,” ujar Prof. Masdar.

UINSA Kukuhkan 16 Wisudawan Tahfidz

Jumlah wisudawan pada kesempatan ini terdiri dari 43 Wisudawan Program Doktor dan 23 Wisudawan Program Magister. Sedangkan pada Program Sarjana antara lain 99 wisudawan dari Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), 78 dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), 185 dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), 155 dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), 147 dari Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), 23 dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST), 15 dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), 52 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan 41 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Wisuda kali ini juga mengukuhkan 32 wisudawan terbaik akademik dan non akademik. Terbagi atas 11 Wisudawan Terbaik Akademik dan 21 Wisudawan Berprestasi Khusus. 16 Wisudawan Berprestasi Khusus diantaranya adalah Kategori Hafal Al Qur’an 30 Juz. Bertempat di Gedung Sport Center and Multipurpose, wisuda hari pertama mengukuhkan sebanyak 433 sarjana. Terdiri dari Program Doktor, Magister, FST, FDK, FISIP, dan FAH.

Selanjutnya penghargaan sebagai wisudawan terbaik akademik diberikan kepada sarjana dengan IPK terbaik dari masing-masing fakultas. Pada Program Doktor diraih Dr. Akhmad Nurul Kawakip dari Prodi Pendidikan Agma Islam dengan IPK 3.86 dan Program Magister diberikan pada Latifah Anwar, M.Ag., dari Ilmu Hadits dengan IPK 3.91, Sementara Wisudawan Program Sarjana terbaik dari FSH atas nama Afif Hidayatul Mahmudah, S.H. Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal al Syakhsiyah) dengan IPK 3.79, FUF atas nama Kiflen Mir Rahmatih, S.Ag., Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir IPK 3.83, FTK atas nama Ika Rahmawati, S.Pd., Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IPK 3.89, FDK atas nama Novie Andriani Zakariya, S.Sos., Prodi Manajemen Dakwah IPK 3.81, FAH atas nama Atifatur Rohmah, S.Hum., Prodi Sejarah Peradaban Islam IPK 3.72, FST atas nama Taufiqurrochman, S.Kom., Prodi Sistem Informasi IPK 3.56, FEBI atas nama Qori Imtinan, S.E., Prodi Ekonomi Syari`ah IPK 3.69, dan FPK atas nama Dessy Dwi Lestari, S.Psi., Prodi Psikologi IPK 3.70, FISIP atas nama Tatik Atiyatul Mufiroh, S.Sos., Prodi Sosiologi IPK 3.72.

Sementara itu, predikat Wisudawan Berprestasi Khusus Kategori Hafal Al Qur’an 30 Juz diraih Nur Hayati dari FAH, Eka Rahayuningsih dari FDK, Siti Fadhilah Nur Hadiyati dari FSH, Fivety Adzmawiyah dari FTK, Mohammad Al Ghofiqi Nasrullah dari FST, Halya Millati, Ayu Norvita Asri, dan Mas Hikmatul Azimah, Kiflen Mir Rahmatih, Sulistia Ningsih, Nur Jannah, Muhammad Syarif Hidayatullah, Nur Azizah, Latifah Nur Azizah, Nadiatul Maziyah Atarwiyah, dan Ida Kurnia Shofa dari FUF. Masing-masing Hafidz dan Hafidzah berhak atas uang Pembinaan sebesar Rp. 400.000.

Wisudawan Berprestasi Khusus lainnya berasal dari FDK UINSA antara lain Mohammad Nasrullah, Penulis Buku ’27 Point Sukses”, Ach. Tofan Alvino Kategori Juara I Lomba Da’I Dewasa Se-Jatim Festival Soleh-Solehah Kampung Ramadhan Kota Malang 2016, Dwi Putri Robiatul Adawiyah Kategori Juara I Kyorugi KU 21 Putri di Piala Walikota Surabaya Se-Jatim 2018. Dua orang lainnya dari FTK, yaitu Lailatuz Zuhro Kategori Juara 1 “Smart Teaching Competition Nasional” dan Mufidatus Sholikhah Kategori Juara 1 Lomba Microteaching Tingkat Nasional. Masing-masing mendapatkan uang Pembinaan sebesar Rp. 300.000. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data