WABUP KARTIKA: ALUMNI UINSA ITU BERKARAKTER DAN BERAKHLAK

- 24 Feb 2019


UINSA Newsroom, Ahad (24/02/2019); Sebanyak 429 Wisudawan resmi dikukuhkan pada Wisuda Ke-86 Program Doktor, Magister dan Sarjana Semester Gasal Periode Februari Tahun Akademik 2018/2019 hari kedua. Prosesi wisuda sarjana yang berasal dari lima Fakultas tersebut dihadiri tamu istimewa Dra. Hj. Kartika Hidayati, MM. M.HP., Wakil Bupati Lamongan.

Bertempat di Gedung Sport Center and Multipurpose UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, wisudawan lima fakultas yang dikukuhkan pada kesempatan ini yakni Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF), Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Sebanyak 19 wisudawan juga diberikan penghargaan sebagai mahasiswa terbaik akademik maupun berprestasi khusus. Tak hanya itu, Dra. Kartika Hidayati dalam kesempatan ini secara khusus juga memberikan bantuan dana pendidikan bagi lulusan terbaik dari masing-masing fakultas.

Suasana haru menyelimuti kegiatan wisuda kala perwakilan wisudawan menyampaikan uacapan terima kasih dan permohonan maaf. Baik kepada orang tua, Guru, juga rekan sejawat. “Ayah ibu, maafkan aku jika tak pernah bisa memenuhi harapan serta merubah kenyataan. Terima kasih. Semoga Allah senantiasa melindungi setiap langkahmu. Experience is the best techer, pengalaman adalah guru terbaik. Jika kita ingin berhasil maka mulailah dari diri kita sendiri,” ujar perwakilan wisudawan.

Semetara itu, Dra. Kartika dalam kesempatan sharing mewakili alumni mengaku bangga menjadi bagian dari Keluarga Besar UINSA. Alumnus UINSA (IAIN SA) Jurusan Aqidah Filsafat Fakultas Ushuluddin Tahun 1990 ini mengatakan, bahwa alumni UINSA terbukti menjadi orang-orang hebat di berbagai bidang. Seperti diantaranya, Dr. H. Imam Nahrawi, S.Ag., M.KP., Menteri Pemuda dan Olaharaga RI, H. Thoriqul Haq, S.Ag, MM., Bupati Lumajang, H. Badrut Tamam, S.Psi., anggota DPRD Jatim dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Hal ini semoga menjadi stimulan agar kalian lebih hebat lagi. Belajarlah pada filsafat buah mangga yang masak pohon. Buahnya tepat keras tapi rasanya manis luar biasa. Ikuti proses alamiah, jangan pernah lelah belajar,” ujar Dra. Kartika memberi suntikan semangat.

Tak lupa, Dra. Kartika juga menegaskan, bahwa alumni UINSA memiliki dua keunggulan dibanding lainnya. Yakni adanya karakter pribadi yang kuat serta bekal akhlak yang tinggi. “Dengan bekal karakter dan akhlak, maka kalian tidak akan mudah digoyahkan oleh ‘tsunami’ dalam bentuk apapun. Ingat! Di pundak anda ada Kehormatan UINSA. Dimanapun berada, tetap jaga wibawa dan kehormatan yang tinggi,” tegas Dra. Kartika berpesan.

Sebelum memungkasi sambutan, Wakil Bupati Lamongan Periode 2016-2021 ini juga berpesan kepada segenap mahasiswa agar tidak hanya menempa diri di bangku kuliah. Namun juga mengasah soft skill dengan aktif di organisasi kemahasiswaan. Mengingat, dengan aktif dalam kuliah dan organisasi akan melatih otak kanan dan kiri bekerja secara seimbang. “Menjadi aktifis itu penting, karena ketika lulus nanti, kalian akan bertemu dengan universitas terbuka yakni masyarakat. Dengan berorganisasi kita akan terbiasa,” tukas Dra. Kartika.

Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D., mewakili segenap Keluarga Besar UINSA mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Baik itu orang tua wali mahasiswa, segenap dosen pengajar, juga tentunya ucapan selamat bagi wisudawan. Menurut Prof. Masdar, bagi orang tua wali, tentu bukan hal yang mudah mengantarkan putra-putrinya ke jenjang akhir pendidikan. Prof. Masdar berharap, semoga hal itu senantiasa menjadi investasi amal jariyah, tidak hanya di dunia tapi juga akhirat.

Bagi Dosen dan guru besar yang telah memberikan pendidikan dan ilmunya, Prof. Masdar menilai itu tidak sekedar sebagai sentuhan pendidikan. Lebih dari itu, ilmu yang diberikan telah memberikan kecerdasan sekaligus memperbaiki akhlakul karimah mahasiswa. “Kami harap mudah-mudahan kalian akan memberikan yang terbaik untuk bangsa ini. Berkacalah pada Ibu Kartika, beliau adalah alumni yang membangggakan. Selain itu, mewakili pimpinan, kami menyampaikan permohonan maaf. Barangkali banyak hal yang kurang berkenan. InsyaAllah setiap keluhan, hal-hal yang dianggap kurang, akan senantiasa kami sempurnakan setiap saat. Kami akan perbaiki demi memberi yang terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkas Rektor. (Nur/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data