KUNJUNGAN KAMPUS MA SOKO TUBAN

- 27 Feb 2019


UINSA Newsroom, Rabu (27/02/2019); Gedung Amphiteather Lt. 2-3 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali menjadi lokasi digelarnya kunjungan pengenalan kampus. Kali ini rombongan dari MA Tarbiyatul Islam Soko Tuban, sebanyak 65 orang berkunjung ke kampus yang berlokasi di Jl. A. Yani No. 117 Surabaya ini. Rombongan ini disambut langsung Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi UINSA, Yusuf Amrozi, M.MT. Mendampingi dalam kegiatan ini, Kasubbag Akademik, Drs. H. Syaikhul Amin, MM., serta Perwakilan Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Qomaruddin, SHI.

Membuka sambutan mewakili Sekolah MA Tarbiyatul Islam Soko Tuban, Basyir Nadzir, menyampaikan terima kasih atas kesediaan UINSA menerima kunjungan. Dijelaskan Basyir Nadzir, rombongan terdiri dari siswa-siswi kelas XI berjumlah 60 anak dengan 5 guru pendamping. “Tujuan kunjungan ini, untuk bersilaturahmi ke UINSA. Selain itu juga untuk mengenal lebih jauh apa saja yang ada di UINSA,” ujar Basyir Nadzir dalam acara yang dipandu langsung Kasubbag Humas dan Informasi, Dra. Alful Laila, MM., tersebut.

Dengan mengenal UINSA lebih dekat, jelas Basyir Nadzir, diharapkan para siswa MA Tarbiyatul Islam Soko Tuban lebih termotivasi untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi selepas dari sekolah menengah. “Setidaknya mereka memiliki gambaran kemana mereka akan memilih kuliah. Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat, terutama kepada siswa untuk menimba ilmu di kemudian hari,” tukas Basyir Nadzir.

Selain itu, Yusuf Amrozi, M.MT. dalam penyampaian selayang pandang Kampus UINSA mengenalkan para siswa kepada Visi, Misi, Tagline, hingga ragam Fakultas dan Prodi yang dimiliki UINSA. Tak ketinggalan, penjelasan mengenai rekam jejak alumni UINSA yang telah banyak berkiprah di berbagai bidang. Baik di ranah lokal, regional, nasional, bahkan internasional. “Berbagai profesi yang digeluti alumni UINSA mulai dari tokoh agama, praktisi, politikus, dosen, militer, bahkan menteri,” jelas Yusuf Amrozi, M.MT.

Pada kesempatan ini, Yusuf Amrozi, M.MT., tak lupa menegaskan pada para siswa bahwa UINSA memiliki ragam pilihan studi yang bisa dijadikan acuan. Sebagai Universitas Islam, UINSA memiliki 45 Prodi dengan pembagian 20 Prodi Umum dan 25 Prodi Keagamaan. “Yang suka komunikasi, bisa kuliah di Prodi Ilkom atau KPI. Kalau suka komputer bisa pilih Prodi Sistem Informasi. Ada juga Pendidikan Agama Islam yang paling banyak peminatnya, terutama dari siswa aliyah biasanya,” ujar Yusuf Amrozi, M.MT., mempromosikan.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Dr. Hasbullah lebih banyak menjelaskan terkait sistem penerimaan mahasiswa baru (SPMB) di UINSA. Dijelaskan Dr. Hasbullah, UINSA memiliki tiga kategori penerimaan. Pertama, untuk prodi umum, melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Kedua, Untuk prodi keagamaan ada jalur SPANPTKIN dan UMPTKIN. Terakhir, Mandiri yang terbuka untuk semua jurusan baik keagamaan maupun umum.

Paparan selanjutnya disampaikan Qomaruddin, SHI., mengenai ragam kegiatan pengembangan soft skill melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui UKM inilah, menurut Qomaruddin, SHI., mahasiswa dapat mengembangkan kapasitas diri disamping kemampuan akademis melalui bangku kuliah.

“Banyak sekali prestasi yang telah diraih mahasiswa. Di Unit Kegiatan Olahraga (Ukor) misalnya, kita langganan juara futsal, badminton, dan lain-lain baik regional maupun nasional. Ada lagi Paduan Suara yang sering mengikuti lomba tingkat internasional dan jadi juara,” ujar Qomaruddin, SHI. (Nur-Tri/Humas)

Building Character Qualities: For the Smart, Pious, Honorable Nation

Ketentuan Pengguna

Semua isi yang ada di situs resmi UIN Sunan Ampel Surabaya boleh dilihat, disalin, dicetak, dan didistribusikan untuk tujuan non-komersial.

Statistik Website

shopify visitor statistics

Lihat Daftar Pengunjung Website

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

JL. A. Yani 117, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60237

+62 31 8410298

+62 31 8413300

humas@uinsby.ac.id

uinsa_surabaya

© Copyright 2018 - Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data