Berita > Mahasiswa Uin Sunan Ampel Juara I Lkti Nasional

Mahasiswa UIN Sunan Ampel Juara I LKTI Nasional


Surabaya- Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menuai prestasi yang membanggakan. Kemarin (20/12/14), tiga mahasiswa asal UIN Sunan Ampel Surabaya telah berhasil membawa pulang sebuah piala kejuaraan Lomba Karya Tulis Islami tingkat Nasional. Kompetisi LKTI Nasional ini diselenggarakan oleh UKKI (Unit Kegiatan Kerohanian Islam) Universias Negeri Semarang.

Dengan bermodalkan kreativitas, usaha keras dan do’a ketiga mahasiswa yang bernama M. Saiful Muluk (BKI/5), Irsyad Roxiyul Azmi (BKI/5), dan Regina Zahara (BKI/5) ini meraih juara 1 LKTI Nasional dengan judul karya tulisnya,“Optimalisasi Aktifitas Jalan Menuju Masjid Sebagai Life Style Mengganti Jogging Untuk Upaya Memakmurkan Masjid Dengan Shalat Berjamaah”. “Sebenarnya niat kami ke UNNES hanyalah untuk mempresentasikan karya tulis saja, berharap menjadi juara tidak sama sekali, apalagi melihat lawan presentasi dari Universitas-Universitas terkenal di Indonesia, namun Allah memberikan lebih kepada kami, bahwa kami bisa membawa nama UIN Sunan Ampel Surabaya meraih juara pertama dalam acara tersebut,” jelas M. Saiful (22/12/14).

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 19-21 Desember 2014 dengan berbagai agenda yang harus diikuti oleh 15 finalis LKTI Nasional diantaranya adalah Talk Show Kedahsyatan Cinta, Presentasi 15 Finalis Karya Tulis Islami dan Field Trip di berbagai tempat wisata di Semarang. Lima belas finalis tersebut berasal dari berbagai Universitas di Indonsia, diantaranya, IPB (Institut Pertanian Bogor), UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), UNNES (Universitas Negeri Semarang), UNEJ (Universitas Negeri Jember), UNTAN (Universitas Tanjung Pura), USU (Universitas Sumatera Utara), dan lain sebagainya. Kontingen dari UIN Sunan Ampel Surabaya mengirimkan 2 karya dan masuk dalam 15 finalis yang meneruskan presentasi di UNNES. “Kami mengumpulkan 2 abstrak. Dari kurang lebihnya 80 abstrak yang masuk ke panitia, 2 abstrak kami masuk dalam 15 finalis di UNNES. Jadi kami harus mempersiapkan 2 karya tulis dan harus mempresentasikan kedua karya tulis kami yang lolos.Alhamdulillah, 1 dari 2 karya tulis kami mendapat juara yang pertama,” jelas Regina.

Sabtu, 20 Desember 2014, acara presentasi di buka pada jam 08.30 di gedung FSB (Fakultas Seni Budaya) UNNES. Satu per satu karya tulis ilmiah dipresentasikan di depan dua orang juri dalam waktu 10 menit dan dilanjutkan dengan wawancara dan tanya-jawab dari juri selama 10 menit. Hingga akhirnya, acara selesai pada jam 14.30, dilanjutkan dengan coffe break dan galla dinner pada malam hari. Hari ketiga, dilanjutkan dengan flied trip di berbagai tempat wisata di Semarang. Flied Trip dimulai dari Goa Kreo, dilanjutkan di kuil Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah dan pusat Oleh-Oleh Pandanaran. “Banyak pengalaman yang kami dapatkan di sana, baik dari peserta-peserta dari Universitas lain, tehnik presentasi, dan wisata-wisata yang indah di kota Semarang,” jelas Irsyad. “Harapan kami, selanjutnya kami dapat mengikuti lomba-lomba KTI lain, mengukir prestasi untuk negeri, menjadi penerus bangsa yang baik di masa depan,” tambah Irsyad.

Semoga kemenangan dan prestasi yang diraihnya dapat menambah keberkahan dan kebaikan di masa depan untuk UIN Sunan Ampel Surabaya,Islam, bangsa dan negara. Amin (*M$M).


Baca Juga

CONNECT WITH US