Berita > Uinsa Rekrut Mahasiswa Kerja Paruh Waktu

UINSA REKRUT MAHASISWA KERJA PARUH WAKTU


UINSA Newsroom, Kamis (27/07/2017); Dalam rangka memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dan mengoptimalkan pelayanan, UIN Sunan Ampel Surabaya membuka Penerimaan Mahasiswa Kerja Tahun 2017-2018. Rekruitmen yang dikhususkan bagi mahasiswa aktif Program S1 dan Pascasarjana ini digelar pada Kamis, 27 Juli 2017. Dilaksanakan di Gedung Fakultas Syariah dan Hukum Lt. 3 dan 4, kegiatan ini diikuti sebanyak 167 Calon Mahasiswa Kerja dari berbagai program studi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Taufik Siradj, M.Pdi., Kepala Pusat Pengembangan Bisnis UIN Sunan Ampel Surabaya menjelaskan, terdapat 12 kualifikasi yang nantinya akan diisi sekitar 34 orang. Terkait proses seleksi, dijelaskan Taufik, yang sekaligus Ketua Panitia Assesment Mahasiswa Kerja Tahun 2017-2018 mengatakan, sebanyak tujuh Dosen Psikologi telah ditugaskan untuk melakukan penilaian di bidang soft skill dan dua dosen untuk hard skill. Dimana penilaian terdiri dari lima aspek, seperti integrasi, loyalitas, tanggung jawab, orientasi pelayanan, dan kemampuan lisan. Aspek lainnya yang juga akan dinilai adalah kemampuan khusus dari Calon Mahasiswa Kerja untuk kualifikasi kerja tertentu. Seperti desain, jurnalistik, atau akuntansi, dan lain-lain. “Setiap mahasiswa yang lulus seleksi, akan di camp untuk menyamakan persepsi, serta mempersiapkan mereka terkait tugas dan kewajiban selama bekerja,” ujar Taufik di ruang kerjanya.

Beberapa persyaratan mahasiswa kerja, lanjut Taufik, yaitu minimal mahasiswa semester 6, komunikatif, loyalitas tinggi, IPK min 3.00, serta memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan Arab. Sedangkan berkas yang harus dipenuhi seperti surat lamaran, daftar riwayat hidup, KTM dan KTP, Surat Rekomendasi dari Kaprodi, foto berwarna, KHS semester ganjil tahun 2016/2017, dan surat penyataan kesediaan menjadi mahasiswa kerja. “Khusus surat rekomendasi Kaprodi, sengaja kami cantumkam agar setiap mahasiswa yang mengajukan lamaran merupakan orang-orang pilihan yang memang dinilai memiliki kualifikasi yang mumpuni” ujar Taufik.

Kaitannya dengan Mahasiswa Kerja, lebih lanjut Taufik menjelaskan, bahwasannya setiap mahasiswa nantinya akan memiliki jam kerja sebagaimana pegawai dari jam 7.30-16.00 atau 16.30 WIB pada Hari Jumat, serta insentif sebesar Rp. 700.000/bulan. “Masa kerja untuk mahasiswa ini selama 6 bulan, dengan masa training sekitar sebulan. Tapi tentu, kami akan memberikan kelonggaran jika mereka memiliki kewajiban bertemu dosen dan lain-lain selama sesuai prosedur,” terang Taufik.

Melalui pembukaan Mahasiswa kerja ini, Taufik berharap, ada sinergi antara mahasiswa dan UIN Sunan Ampel Surabaya. Seperti halnya menumbuhkan semangat interpreneur dan kemandirian dalam diri mahasiswa, juga adanya rasa kepedulian terhadap unit yang dimiliki kampus. “Selain itu, mahasiswa diuntungkan. Sebab, pada semester 6 notabene-nya kan sudah tidak banyak mata kuliah. Sehingga untuk mengisi kekosongan itulah mereka bisa ikut andil menjadi mahasiswa kerja,” ujar Taufik. (Nur/Humas)


Baca Juga

CONNECT WITH US