Berita > Kuatkan Kolaborasi Kampus Dan Dunia Praktis

KUATKAN KOLABORASI KAMPUS DAN DUNIA PRAKTIS


UINSA Newsroom, Kamis (07/12/2017); Teknologi mampu merubah sistem kehidupan manusia. Karenanya, dunia pendidikan dalam upaya menjawab tantangan jaman tersebut perlu memperkuat kolaborasi dengan dunia bisnis, pemerintah, bahkan community (masyarakat). Sebuah konsep pembangunan yang diistilahkan dengan ABGC (Academic, Bussiness, Government, and Community).

Hal itu disampaikan, Dr. H. M. Syamsul Huda, M.Fil.I., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai pengantar singkat pada Kuliah Umum bersama Prof. Shuo-Yan Chou dari National Taiwan University of Science and Technology, Kamis, 07 Desember 2017. Digelar di Gedung Amphitheater Lt. 2-3 UIN Sunan Ampel Surabaya, kegaitan ini diikuti jajaran pimpinan universitas, fakultas, prodi, lembaga, unit, hingga mahasiswa. Khususnya mahasiswa dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dr. Syamsul Huda dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, bahwa di tengah era yang semakin canggih. Dimana teknologi masuk hampir di setiap lini kehidupan, salah satunya ekonomi, orang tidak lagi bisa menggunakan paradigma lama untuk bisa survive dalam kehidupannya. Saat ini, dijelaskan Dr. Syamsul Huda, seseorang dengan modal dan barang produksi besar tidak selalu bisa menjadi pengusaha. Sebailknya, tanpa keduanya, tapi dengan bantuan kreatifitas dan kecanggihan teknologi bisa memiliki usaha maupun perusahaan.

“Oleh karena itu, dengan kehadiran Prof. Chou kami mengharapkan sharing pengalaman khususnya di bidang teknologi industri serta bagaimana konsep kemitraan yang seharusnya dilakukan,” ujar Dr. Syamsul Huda penuh harap.

Sementara itu, Prof. Chou didampingi Dosen Prodi Sistem Informasi, Moch. Yasin, S.Kom., M. Kom, M.B.A., sebagai moderator sekaligus translator banyak menyampaikan bagaimana teknologi memberi begitu banyak kemudahan bagi kehidupan manusia. Serta banyaknya tawaran menarik dalam berkarier bagi mereka yang bergelut di bidang sistem informasi.

Berkaitan dengan tema kuliah umum, Prof. Chou menjelaskan, bagaimana sebenarnya kampus, dengan dunia industri saling terkait dan membutuhkan. Sebut saja, di bidang penelitian. Setiap perguruan tinggi sudah dipastikan terus mendorong para guru besarnya untuk melakukan publikasi ilmiah dari hasil penelitiannya. Sedangkan di bidang industri, penelitian dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk.

Tak lupa, pada kesempatan tersebut, Prof. Chou juga menyampaikan adanya kecenderungan para professor yang bekerja secara mandiri. Sedangkan untuk bekerjasama dengan industri, para professor diharuskan bersedia bekerja dalam tim. “Perusahana dengan orientasi profit dan kampus dengan orientasi penelitian bisa berkolaborasi dan saling menguntungkan,” jelas Prof. Chou. (Nur Humas)


Baca Juga

CONNECT WITH US