Berita > Man 5 Padangan Bojonegoro Studi Kampus Ke Uinsa

MAN 5 PADANGAN BOJONEGORO STUDI KAMPUS KE UINSA


UINSA Newsroom, Rabu (10/01/2017); Rabu, 10 Januari 2018, UIN Sunan Ampel Surabaya kedatangan tamu sebanyak 4 bus dari MAN 5 Padangan Bojonegoro, Rabu, 10 Januari 2018. Kunjungan ini dalam rangka studi pengenalan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya bagi siswa/siswi kelas XII MIPA/IPS/Keagamaan sebanyak 219 orang. Didampingi 16 dewan guru, kunjungan dipandu tim humas di Gedung Amphitheater Lt. 2 UIN Sunan Ampel Surabaya.

Drs. H. M. Badar, M.Ag., MM., Kepala Sekolah  MAN 5 Padangan Bojonegoro dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak UIN Sunan Ampel Surabaya karena telah berkenan memfasilitasi kunjungan. Tak sekedar pengenalan kampus, berbagai informasi akademis diharapkan mejadi acuan bagi para siswanya dalam menentkan pilihan pendidikan tinggi setelah lulus dari sekolah menengah. “Kami memiliki tiga peminatan di sekolah. Kiranya nanti jalur apa saja yang bisa diikuti di UINSA, serta jurusan yang ada,” ujar Drs. Badar.

Usai sambutan dari pihak sekolah, sesi paparan mengenai profil UIN Sunan Ampel Surabaya antara lain mengenai visi misi, Paradigma Keilmuan Integrated Twin Tower, ragam jurusan/prodi, fasilitas sarana dan prasarana, hingga beasiswa yang memungkinkan untuk diterima mahasiswa berprestasi dan atau kurang mampu disampaikan langsung Dr. H. Jainuddin, M.Si. Dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan yang pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni juga banyak memberikan motivasi agar siswa/siswi memiliki semangat yang tinggi dalam belajar dan meraih cita-cita. “Selain strategis tempatnya, kuliah di UINSA juga terjangkau dan diampu dosen-dosen yang kompeten di bidangnya, yang sebagian besar lulusan S2 dan S3 Luar negeri,” ujar Dr. Jainuddin.

Kaitannya dengan proses pembelajaran, Dr. Jainuddin juga menjelaskan, mesipun UIN Sunan Ampel Surabaya memiliki jurusan Keilmuan umum, namun materi Keagamaan tetap diberikan pada semua mahasiswa. Diantaranya melalui program wajib pesantren pada tahun pertama kuliah, mata kuliah keagamaan yang ada pada kurikulum semua jurusan, serta berbagai aktifitas keagamaan lainnya. “Lulusan UINSA nantinya juga dibekali dengan berbagai keahlian tambahan. Sedikitnya ada enam sertifikat penunjang akademik selain ijazah dan transkrip nilai yang akan diberikan kepada mahasiswa saat lulus dari UINSA,” jelas Dr. Jainuddin.

Selanjutnya acara dipungkasi dengan pemberian cindera mata dari UIN Sunan Ampel Surabaya dan MAN 5 Padangan Bojonegoro serta foto bersama. “Di UINSA juga banyak beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi. Jadi tidak ada alasan tidak bisa kuliah karena keterbatasan biaya. Asalkan memiliki prestasi dan kemauan kuat, Insyaallah banyak beasiswa menanti,” ujar Dr. Jainuddin memotivasi. (Nur/Humas)


Baca Juga

CONNECT WITH US