Berita > Implementasi Edu-eco Green Campus, Uinsa Pangkas Pohon Depan Kampus

IMPLEMENTASI EDU-ECO GREEN CAMPUS, UINSA PANGKAS POHON DEPAN KAMPUS


UINSA Newsroom, Selasa (13/02/2018); Suara gergaji mesin terdengar dari halaman depan Gedung Twin Towers UIN Sunan Ampel Surabaya, Selasa, 13 Februari 2018. Beberapa orang nampak memangkas ranting tanaman di depan pagar luar kampus. Sebagian lainnya sibuk memangkas ranting pohon-pohon besar di halaman Gedung Twin Tower sekaligus merapikan potongan-potongan kayu yang berserakan. Kegiata ini merupakan bagian dari upaya merapikan halaman depan kampus, khususnya memasuki musim penghujan.

Hety Wahyuni, SS. MM., Kepala Bagian Umum UIN Sunan Ampel Surabaya menjelaskan, kegiatan pemangkasan pohon tersebut dalam rangka tindak lanjut program Edu-Eco Green Campus yang dilaksanakan pada akhir tahun 2017 lalu. Dalam pelaksanaan pemangkasan pohon ini UIN Sunan Ampel Surabaya menggandeng Dinas Kebersihan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya. Hety juga menyampaikan, bahwa  gerakan pemangkasan pohon ini adalah salah satu bentuk dari penghijauan kampus. “Kita pengen menghijaukan kampus, tapi tetap terlihat rapi. Untuk terlihat rapi, bukan berarti kita pangkas habis. Jadi ruas-ruas pohon yang sudah tak beraturan memang sengaja kita pangkas sebagian untuk fungsi keindahan,” ujar Hety.

Selain untuk fungsi estetika, lanjut Hety, pemangkasan pohon-pohon tersebut juga bertujuan untuk mengantisipasi tumbangnya pohon ketika turun hujan.  “Pemangkasan itu juga kami lakukan sebagai bentuk safety atau perlindungan untuk warga kampus UINSA. Apalagi letaknya di parkiran, di depan masjid, fakultas yang berpotensi akan tumbang ketika curah hujan yang tinggi,” tambah Hety.

Lebih lanjut disampaikan Hety, kegiatan pemangkasan pohon tersebut bukanlah kali pertama dilakukan. Sebelumnya sudah pernah dilakukan pemangkasan pohon di Depan Fakultas Ushuludin dan Filsafat yang tumbang akibat diguyur hujan deras. “Karena sekarang sedang  musim hujan, dikhawatirkan akan ada yang patah lagi, jadi kita putuskan untuk memangkasnya,” jelasnya.

Senada dengan Hety, Indah Sulistiyowati, SE., Kasubbag Barang Milik Negara (BMN) yang juga turut mendampingi menjelaskan, bahwa tujuan dari pemangkasan pohon adalah sebagai bentuk penghijauan kampus. “Kami berupaya agar penghuni kampus, khususnya mahasiswa merasa nyaman berada di kampus. Bahkan menjadikan berasa kampus seperti rumah sendiri,” papar Indah.

Indah juga menambahkan, bahwa upaya penghijauan kampus ini pun tak bisa hanya dilaksanakan para pegawai. Dalam rangka menuju Edu-Eco Green Campus dibutuhkan campur tangan seluruh masyarakat kampus . “Kami berharap bahwa upaya penghijauan ini tidak kita lakukan sendirian. Kami ingin para mahasiswa juga turut berpartisipasi di dalamnya, mari kita hijaukan kampus bersama-sama!” seru Indah.

Adapun agenda pemangkasan pohon di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya akan dilaksanakan secara berkala, dengan penyesuaian jadwal kesediaan Dinas Kebersihan Kota Surabaya. Proyeksi pemangkasan pohon pada hari ini mulai dari depan Twin Tower hingga depan masjid. “Jika memungkinkan sampai di depan-depan fakultas. Namun jika tidak, selanjutnya akan diagendakan lagi dengan Dinas Kebersihan Kota Surabaya,” pungkasnya. (Luk/Humas)


Baca Juga

CONNECT WITH US